Senin, 07 Mei 2012

Riset: Wanita Malas Berolahraga

Saya adalah orang yang malas berolahraga. Saat melihat judul artikel ini, saya merasa tidak sendiri. Ternyata banyak kaum wanita yang malas berolahraga seperti saya.

Ghiboo.com - Dibandingkan pria, ternyata wanita paling malas melakukan olahraga. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita berolahraga kurang dari 30 menit setiap hari.
Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Preventive Medicine menunjukkan bahwa rata-rata, wanita hanya melakukan olahraga selama 18 menit setiap hari. Sementara pria melakukan olahraga lebih dari 30 menit.
Penelitian dilakukan dengan melibatkan lebih dari 1.000 peserta yang berpartisipasi dalam survei pusat pengendalian dan pencegahan penyakit pada tahun 2005 hingga 2006.
Masing-masing peserta dipakaikan sebuah alat, bernama accelerometer di bagian pinggang mereka, untuk mengetahui pergerakan peserta, selama empat hari.
Menurut profesor psikologi sosila dari Oregon State University, Bradley Kardinal, menuturkan bahwa secara keseluruhan peserta wanita dalam penelitian ini memiliki gaya hidup sehat dibandingkan pria, seperti tidak merokok. Namun, karena mereka kurang melakukan aktivitas fisik, wanita lebih berisiko mengalami sindrom metabolik.
Para peneliti beranggapan wanita memiliki waktu yang kurang untuk berolahraga karena harus membesarkan dan merawat anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar