SURVEY
MATA KULIAH DAN METODE PEMBELAJARAN
YANG PALING DISUKAI
MAHASISWA MATEMATIKA SEMESTER 1
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
2011
LUTFI NURUL AULIA
NIM: 14111510117
MATEMATIKA-1
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
2011
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Belajar adalah
kewajiban seluruh manusia tanpa terkecuali. Belajar bisa dilakukan dalam
keadaan informal maupun formal. Dalam konteks yang formal belajar dilakukan di
sekolah, kampus, dan lembaga-lembaga pendidikan yang lainnya. Di sana terjadi
interaksi antara guru dan siswa. Di mana seorang guru harus menyampaikan materi
pelajaran kepada siswanya. Kegiatan inilah yang biasanya disebut mengajar. Namun
mengajar tidak hanya menyampaikan materi saja tetapi juga mengisi otak siswa
dengan pengetahuan yang tidak hilang begitu saja.
Dewasa ini siswa yang
mengikuti proses pembelajaran tidak secara utuh mengikuti pelajaran yang
diselenggarakan di kelas. Mereka seakan-akan hanyalah robot yang hadir di dalam
kelas mengikuti pembelajaran tetapi tidak mempunyai semangat untuk mengikuti
pembelajaran secara utuh. Hanya jasad mereka yang hadir sementara rohnya
melakukan perjalanan sendiri ke segala tempat di luar kelas. Seharusnya siswa
mengikuti pembelajaran sepenuhnya sampai pengetahuan di dalam dirinya meningkat
dan mempunyai kemampuan untuk menghadapi segala persoalan dalam hidupnya kelak.
Hilangnya semangat
belajar siswa merupakan bukti bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh
guru tidak efektif dan maksimal. Maka tugas guru selanjutnya adalah menumbuhkan
semangat belajar siswa. Ada berbagai cara untuk meningkatkan semangat belajar
siswa. Salah satunya guru menunjukkan sikap yang bisa membuat siswanya nyaman.
Misalnya saja dengan mengeluarkan humor-humor segar di saat siswa merasa jenuh.
Memilih metode belajar
yang disukai siswa juga bisa menumbuhkan semangat belajar siswa. Ada beberapa
metode pembelajaran yang biasa digunakan guru. Di antaranya metode ceramah
dengan media papan tulis, metode ceramah dengan media infocus, dan metode diskusi kelompok. Selain metode-metode tersebut
masih banyak metode yang bisa menjadi pilihan guru. Oleh karena itu, diadakan
penelitian mata kuliah dan metode yang paling disukai mahasiswa. Survey ini
akan menunjukkan metode apa yang disukai mahasiswa serta sikap pengajar yang
seperti apa yang membuat mahasiswa nyaman selama mengikuti pembelajaran.
Tujuan
dan Manfaat Survey
Kami melakukan survey
ini untuk mengetahui mata kuliah dan metode yang paling disukai mahasiswa
matematika semester 1 IAIN Syekh Nurjati 2011. Hasil survey ini dapat menjadi
acuan bagi pengajar dalam menentukan metode mana yang akan digunakan dalam
proses pembelajaran. Khususnya bagi dosen pengajar mahasiswa matematika IAIN
Syekh Nurjati.
METODE
PENELITIAN
1. Populasi dan Sampel
Populasi penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa matematika semester 1 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Jumlah
mahasiswa matematika-1 dan matematika-2 masing-masing adalah 42 orang.
Sedangkan mahasiswa matematika-3 berjumlah 41 orang. Jadi jumlah populasi
seluruhnya adalah 125 orang.
Teknik pengambilan
sampel ditentukan dengan teknik cluster
random sampling. Dalam survey ini kami menetapkan sampling error (margin error)
sebesar 10%. Karena besarnya sampel ditentukan dengan formula Slovin, maka
tingkat kepercayaan survey ini sebesar 95%. Besarnya sampel yang harus diambil
adalah:
Mahasiswa yang
dijadikan sampel adalah beberapa mahasiswa matematika-1, beberapa mahasiswa
matematika-2, dan beberapa mahasiswa matematika-3. Agar sampel yang diambil
mewakili setiap karakteristik maka kami membuat perhitungan sebagai berikut.
1. Teknik Pengumpulan Data
Dalam survey ini pengumpulan
data dilakukan dengan teknik pemberian angket kepada beberapa mahasiswa
matematika semester 1 IAIN Syekh Nurjati. Angket yang digunakan adalah angket
semi tertutup. Di dalamnya terdapat 6 pertanyaan mengenai mata kuliah dan
metode yang disukai. Bentuk angket dapat dilihat pada lampiran.
2. Waktu dan Pelaksanaan Survey
Pemberian
angket kepada 56 responden dilakukan selama 2 hari yang dilaksanakan pada
tanggal 5-6 Desember 2011.
3. Akurasi Survey
Survey
ini menggunakan margin error 10%
dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
4. Teknik Analisis Data
Data yang telah
diperoleh akan di analisis dengan teknik statistik deskriptif. Jawaban dari
setiap pertanyaan akan dihimpun da digambarkan dalam sebuah diagram. Beberapa
akan digambarkan dalam diagram lingkaran dan sisanya menggunakan diagram
batang. Kami menggunakan program aplikasi Microsoft Excel 2007 sebagai alat
bantu dalam mengolah data yang telah diperoleh.
HASIL SURVEY
1.
Profil Responden
Survey ini membutuhkan 56 responden. Responden tersebut
terbagi dalam 3 cluster, yaitu
Matematika-1, Matematika-2, dan Matematika-3. Kelas Matematika-1 terdiri dari
15 mahasiswa dan 27 mahasiswi, maka responden dari kelas ini terdiri dari 7
mahasiswa dan 12 mahasiswi. Sedangkan di kelas Matematika-2 terdapat 10 mahasiswa
dan 32 mahasiswi. Jadi, 5 mahasiswa dan 14 mahasiswi dari kelas tersebut
menjadi responden dalam survey ini. Namun kelas Matematika-3 mempunyai jumlah
mahasiswa lebih sedikit, yaitu 14 mahasiswa dan 27 mahasiswi. Responden yang
berasal dari kelas terdiri dari 6 mahasiswa dan 12 mahasiswi. Berikut tabel
yang menunjukan profil responden.
1.
Hasil Survey
Setelah memberikan angket kepada 56 responden, data
tersebut kemudian diolah dengan menggunakan teknik statistik deskriptif,
hasilnya disajikan dalam diagram berikut.
1.
Interpretasi (Penafsiran Hasil Survey)
Survey
ini menggunakan margin error sebesar 10% dengan tingkat kepercayaan 95%. Yang
berarti bahwa, jika hasil survey atas 56 responden menyatakan bahwa 22%
responden menyatakan bahwa mata kuliah yang paling disukai adalah Akhlak
Tasawuf, maka perkiraan mahasiswa secara keseluruhan yang memilih Akhlak
tasawuf sebagai mata kuliah yang paling disukai adalah berkisar 12% - 32%.
Metode pembelajaran yang paling disukai adalah metode ceramah dengan media infocus, responden yang memilihnya
sebesar 43%, maka mahasiswa secara keseluruhan yang memilih metode ceramah
dengan media infocus sebagai metode
pembelajaran yang paling disukai sebesar 33% - 53%. Tingkat kepercayaan atas
perkiraan kisaran tersebut adalah sebesar 95%, yang berarti bahwa ada
kemungkinan terjadinya meleset, namun kemungkinan tersebut sangat kecil yaitu
sebesar 5%.
PENUTUP
Kesimpulan
Mata
kuliah yang paling disukai mahasiswa matematika semester 1 IAIN Syekh Nurjati
adalah Akhlak Tasawuf dan Statistika. Tapi tak sedikit juga yang menyatakan
bahwa Matematika Dasar adalah mata
kuliah yang menarik. Kebanyakan mahasiswa memilih mata kuliah tersebut karena
dosennya yang menyenangkan. Tidak heran jika Bapak Drs. Effendi dan Bapak Budi
Manfaat, M. Si menjadi dosen yang paling disukai. Banyak mahasiswa yang memilih
beliau karena cara penyampaian materinya yang mudah dipahami. Metode ceramah dengan media infocus menjadi metode pembelajaran yang paling disukai mahasiswa.
Walau bisa dibilang ketinggalan zaman, metode ceramah dengan media papan tulis
masih digemari banyak mahasiswa. Alasan mahasiswa memilihnya karena mudah
dipahami.
Saran
Konsentrasi
saat proses pembelajaran sangat diperlukan. Namun menghadirkannya bukanlah hal
yang mudah untuk dilakukan. Semangat belajar mudah hilang dan kepenatan mudah
datang. Metode yang dipakai dosen sebagai seorang pengajar dapat meningkatkan
semangat belajar mahasiswa. Maka seorang dosen seharusnya dapat memahami
karakter mahasiswanya. Dosen juga harus menunjukkan sikap yang dapat membuat
mahasiswanya merasa nyaman selama proses pembelajaran. Ketika mahasiswa merasa
nyaman di dalam kelas, semangat belajarnya akan tumbuh sedikit demi sedikit.
Seperti yang kita tahu bahwa semangat belajar yang tinggi akan menghasilkan
prestasi yang baik.
Metode
ceramah dengan media infocus akan
lebih mudah dipahami karena otak kanan akan mengingat visualisasinya yang lebih
ditonjolkan. Namun metode ceramah dengan papan tulis pun mempunyai kelebihan
tersendiri, yaitu dosen bisa menjelaskan secara lebih terperinci. Metode apapun
yang dipilih seorang dosen, jika ia menjelaskan pelajaran dengan kaku, maka
mahasiswa pun akan penat dibuatnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Mursell, J. 2008. Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Bumi Aksara
Wahab, Abdul Aziz. 2008. Metode dan Model-Model Mengajar.
Bandung: Alfabeta
Suwati. 2008. Sekolah Bukan Untuk Mencari Pekerjaan. Bandung: Pustaka Grafia
Lampiran 1
KUESIONER MATA KULIAH DAN METODE PEMBELAJARAN
YANG PALING DISUKAI MAHASISWA MATEMATIKA SEMESTER 1
IAIN SYEKH NURJATI 2011
Salam Angka!
Setelah menjalani perkuliahan selama
kurang lebih 3 bulan, Angka/Angki pasti punya mata kuliah favorit dan metode
pembelajaran favorit. Untuk memenuhi tugas statistika, saya ingin mengetahui
mata kuliah dan metode pembelajaran favorit mahasiswa matematika semester 1
IAIN Syekh Nurjati. Saya mohon bantuan Angka/Angki untuk mengisi kuesioner ini
dengan baik. Terima kasih atas bantuannya!
Nama :
Kelas :
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda checklis (a) pada jawaban yang menurut Anda benar!
1.
Di antara beberapa mata kuliah yang sedang
anda tempuh, mata kuliah apa yang paling Anda disukai?
a.
Akhlak Tasawuf
b.
Landasan Pendidikan
c.
Sejarah Matematika
d.
Pengantar Studi Al-qur’an
e.
Sejarah Peradaban Islam
f.
Fiqh/Ushul fiqh
g.
Statistika
h.
Matematika Dasar
i.
Fisika Dasar
2.
Apa alasan Anda menyukai mata kuliah tersebut?
a.
Dosennya
b.
Metode pembelajarannya
c.
Materinya
d.
Lainnya. Sebutkan!
......................................................................................................................
3.
Diantara
dosen yang pernah mengajar Anda, siapa dosen yang paling Anda sukai?
a.
Drs. Effendi
b.
Budi Manfaat, S. Si, M. Pd
c.
Hj, Ery Khaeriyah, M. Ag
d.
Ali Misri, M. Si
e.
Sofwan Hadi, S. Pd. I, M. Pd
f.
Drs. H. Chambali
g.
Drs. Hadi Pramono, S. Si
h.
Anwar, S. Pd, M. Pd
i.
H. Tamsik, S. Pd, M. Pd
j.
Sofidi, S. Pd, M. Pd
k.
Drs. H. Uci Sanusi
4.
Apa
alasan Anda menyukai dosen tersebut?…………………………………………………..
5.
Metode belajar apa yang paling Anda sukai?
a.
Metode ceramah dengan media papan tulis
b.
Metode ceramah dengan media infocus
c.
Metode diskusi kelompok
d.
Lainnya. Sebutkan! .......................................................................................................................
6.
Apa alasannya Anda menyukai metode pembelajaran tersebut?……………………………….....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar