Senin, 07 Mei 2012

Tugas Statistika: Survey


SURVEY
MATA KULIAH DAN METODE PEMBELAJARAN
YANG PALING DISUKAI
MAHASISWA MATEMATIKA SEMESTER 1
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
2011
LUTFI NURUL AULIA
NIM: 14111510117
MATEMATIKA-1
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
2011


PENDAHULUAN

Latar Belakang
Belajar adalah kewajiban seluruh manusia tanpa terkecuali. Belajar bisa dilakukan dalam keadaan informal maupun formal. Dalam konteks yang formal belajar dilakukan di sekolah, kampus, dan lembaga-lembaga pendidikan yang lainnya. Di sana terjadi interaksi antara guru dan siswa. Di mana seorang guru harus menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya. Kegiatan inilah yang biasanya disebut mengajar. Namun mengajar tidak hanya menyampaikan materi saja tetapi juga mengisi otak siswa dengan pengetahuan yang tidak hilang begitu saja.
Dewasa ini siswa yang mengikuti proses pembelajaran tidak secara utuh mengikuti pelajaran yang diselenggarakan di kelas. Mereka seakan-akan hanyalah robot yang hadir di dalam kelas mengikuti pembelajaran tetapi tidak mempunyai semangat untuk mengikuti pembelajaran secara utuh. Hanya jasad mereka yang hadir sementara rohnya melakukan perjalanan sendiri ke segala tempat di luar kelas. Seharusnya siswa mengikuti pembelajaran sepenuhnya sampai pengetahuan di dalam dirinya meningkat dan mempunyai kemampuan untuk menghadapi segala persoalan dalam hidupnya kelak.
Hilangnya semangat belajar siswa merupakan bukti bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru tidak efektif dan maksimal. Maka tugas guru selanjutnya adalah menumbuhkan semangat belajar siswa. Ada berbagai cara untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Salah satunya guru menunjukkan sikap yang bisa membuat siswanya nyaman. Misalnya saja dengan mengeluarkan humor-humor segar di saat siswa merasa jenuh.
Memilih metode belajar yang disukai siswa juga bisa menumbuhkan semangat belajar siswa. Ada beberapa metode pembelajaran yang biasa digunakan guru. Di antaranya metode ceramah dengan media papan tulis, metode ceramah dengan media infocus, dan metode diskusi kelompok. Selain metode-metode tersebut masih banyak metode yang bisa menjadi pilihan guru. Oleh karena itu, diadakan penelitian mata kuliah dan metode yang paling disukai mahasiswa. Survey ini akan menunjukkan metode apa yang disukai mahasiswa serta sikap pengajar yang seperti apa yang membuat mahasiswa nyaman selama mengikuti pembelajaran.
Tujuan dan Manfaat Survey
Kami melakukan survey ini untuk mengetahui mata kuliah dan metode yang paling disukai mahasiswa matematika semester 1 IAIN Syekh Nurjati 2011. Hasil survey ini dapat menjadi acuan bagi pengajar dalam menentukan metode mana yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Khususnya bagi dosen pengajar mahasiswa matematika IAIN Syekh Nurjati.
METODE PENELITIAN
1.      Populasi dan Sampel
Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matematika semester 1 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Jumlah mahasiswa matematika-1 dan matematika-2 masing-masing adalah 42 orang. Sedangkan mahasiswa matematika-3 berjumlah 41 orang. Jadi jumlah populasi seluruhnya adalah 125 orang.
Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Dalam survey ini kami menetapkan sampling error (margin error) sebesar 10%. Karena besarnya sampel ditentukan dengan formula Slovin, maka tingkat kepercayaan survey ini sebesar 95%. Besarnya sampel yang harus diambil adalah:
 
Mahasiswa yang dijadikan sampel adalah beberapa mahasiswa matematika-1, beberapa mahasiswa matematika-2, dan beberapa mahasiswa matematika-3. Agar sampel yang diambil mewakili setiap karakteristik maka kami membuat perhitungan sebagai berikut.
1.      Teknik Pengumpulan Data
Dalam survey ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian angket kepada beberapa mahasiswa matematika semester 1 IAIN Syekh Nurjati. Angket yang digunakan adalah angket semi tertutup. Di dalamnya terdapat 6 pertanyaan mengenai mata kuliah dan metode yang disukai. Bentuk angket dapat dilihat pada lampiran.
2.      Waktu dan Pelaksanaan Survey
Pemberian angket kepada 56 responden dilakukan selama 2 hari yang dilaksanakan pada tanggal 5-6 Desember 2011.
3.      Akurasi Survey
Survey ini menggunakan margin error 10% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
4.      Teknik Analisis Data
Data yang telah diperoleh akan di analisis dengan teknik statistik deskriptif. Jawaban dari setiap pertanyaan akan dihimpun da digambarkan dalam sebuah diagram. Beberapa akan digambarkan dalam diagram lingkaran dan sisanya menggunakan diagram batang. Kami menggunakan program aplikasi Microsoft Excel 2007 sebagai alat bantu dalam mengolah data yang telah diperoleh.
 
HASIL SURVEY
1.      Profil Responden
Survey ini membutuhkan 56 responden. Responden tersebut terbagi dalam 3 cluster, yaitu Matematika-1, Matematika-2, dan Matematika-3. Kelas Matematika-1 terdiri dari 15 mahasiswa dan 27 mahasiswi, maka responden dari kelas ini terdiri dari 7 mahasiswa dan 12 mahasiswi. Sedangkan di kelas Matematika-2 terdapat 10 mahasiswa dan 32 mahasiswi. Jadi, 5 mahasiswa dan 14 mahasiswi dari kelas tersebut menjadi responden dalam survey ini. Namun kelas Matematika-3 mempunyai jumlah mahasiswa lebih sedikit, yaitu 14 mahasiswa dan 27 mahasiswi. Responden yang berasal dari kelas terdiri dari 6 mahasiswa dan 12 mahasiswi. Berikut tabel yang menunjukan profil responden.
1.      Hasil Survey
Setelah memberikan angket kepada 56 responden, data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan teknik statistik deskriptif, hasilnya disajikan dalam diagram berikut.
1.      Interpretasi (Penafsiran Hasil Survey)
Survey ini menggunakan margin error sebesar 10% dengan tingkat kepercayaan 95%. Yang berarti bahwa, jika hasil survey atas 56 responden menyatakan bahwa 22% responden menyatakan bahwa mata kuliah yang paling disukai adalah Akhlak Tasawuf, maka perkiraan mahasiswa secara keseluruhan yang memilih Akhlak tasawuf sebagai mata kuliah yang paling disukai adalah berkisar 12% - 32%. Metode pembelajaran yang paling disukai adalah metode ceramah dengan media infocus, responden yang memilihnya sebesar 43%, maka mahasiswa secara keseluruhan yang memilih metode ceramah dengan media infocus sebagai metode pembelajaran yang paling disukai sebesar 33% - 53%. Tingkat kepercayaan atas perkiraan kisaran tersebut adalah sebesar 95%, yang berarti bahwa ada kemungkinan terjadinya meleset, namun kemungkinan tersebut sangat kecil yaitu sebesar 5%.
 
PENUTUP
Kesimpulan
Mata kuliah yang paling disukai mahasiswa matematika semester 1 IAIN Syekh Nurjati adalah Akhlak Tasawuf dan Statistika. Tapi tak sedikit juga yang menyatakan bahwa  Matematika Dasar adalah mata kuliah yang menarik. Kebanyakan mahasiswa memilih mata kuliah tersebut karena dosennya yang menyenangkan. Tidak heran jika Bapak Drs. Effendi dan Bapak Budi Manfaat, M. Si menjadi dosen yang paling disukai. Banyak mahasiswa yang memilih beliau karena cara penyampaian materinya yang mudah dipahami. Metode ceramah  dengan media infocus menjadi metode pembelajaran yang paling disukai mahasiswa. Walau bisa dibilang ketinggalan zaman, metode ceramah dengan media papan tulis masih digemari banyak mahasiswa. Alasan mahasiswa memilihnya karena mudah dipahami.
Saran
Konsentrasi saat proses pembelajaran sangat diperlukan. Namun menghadirkannya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Semangat belajar mudah hilang dan kepenatan mudah datang. Metode yang dipakai dosen sebagai seorang pengajar dapat meningkatkan semangat belajar mahasiswa. Maka seorang dosen seharusnya dapat memahami karakter mahasiswanya. Dosen juga harus menunjukkan sikap yang dapat membuat mahasiswanya merasa nyaman selama proses pembelajaran. Ketika mahasiswa merasa nyaman di dalam kelas, semangat belajarnya akan tumbuh sedikit demi sedikit. Seperti yang kita tahu bahwa semangat belajar yang tinggi akan menghasilkan prestasi yang baik.
Metode ceramah dengan media infocus akan lebih mudah dipahami karena otak kanan akan mengingat visualisasinya yang lebih ditonjolkan. Namun metode ceramah dengan papan tulis pun mempunyai kelebihan tersendiri, yaitu dosen bisa menjelaskan secara lebih terperinci. Metode apapun yang dipilih seorang dosen, jika ia menjelaskan pelajaran dengan kaku, maka mahasiswa pun akan penat dibuatnya.
 
DAFTAR PUSTAKA
Mursell, J. 2008. Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Bumi Aksara
Wahab, Abdul Aziz. 2008. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta
Suwati. 2008. Sekolah Bukan Untuk Mencari Pekerjaan. Bandung: Pustaka Grafia
 
Lampiran 1
KUESIONER MATA KULIAH DAN METODE PEMBELAJARAN YANG PALING DISUKAI MAHASISWA MATEMATIKA SEMESTER 1
IAIN SYEKH NURJATI 2011
Salam Angka!
Setelah menjalani perkuliahan selama kurang lebih 3 bulan, Angka/Angki pasti punya mata kuliah favorit dan metode pembelajaran favorit. Untuk memenuhi tugas statistika, saya ingin mengetahui mata kuliah dan metode pembelajaran favorit mahasiswa matematika semester 1 IAIN Syekh Nurjati. Saya mohon bantuan Angka/Angki untuk mengisi kuesioner ini dengan baik. Terima kasih atas bantuannya!
Nama    :
Kelas     :
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda checklis (a) pada jawaban yang menurut Anda benar!
1.       Di antara beberapa mata kuliah yang sedang anda tempuh,  mata kuliah apa yang paling Anda disukai?
a.       Akhlak Tasawuf
b.      Landasan Pendidikan
c.       Sejarah Matematika
d.    Pengantar Studi Al-qur’an
e.    Sejarah Peradaban Islam
f.     Fiqh/Ushul fiqh
g.       Statistika
h.      Matematika Dasar
i.         Fisika Dasar
2.       Apa alasan Anda menyukai mata kuliah tersebut?
a.       Dosennya
b.      Metode pembelajarannya
c.       Materinya
d.      Lainnya. Sebutkan! ......................................................................................................................
3.       Diantara dosen yang pernah mengajar Anda, siapa dosen yang paling Anda sukai?
a.       Drs. Effendi
b.      Budi Manfaat, S. Si, M. Pd
c.       Hj, Ery Khaeriyah, M. Ag
d.      Ali Misri, M. Si
e.      Sofwan Hadi, S. Pd. I, M. Pd
f.        Drs. H. Chambali
g.       Drs. Hadi Pramono, S. Si
h.      Anwar, S. Pd, M. Pd
i.         H. Tamsik, S. Pd, M. Pd
j.        Sofidi, S. Pd, M. Pd
k.       Drs. H. Uci Sanusi
4.       Apa alasan Anda menyukai dosen tersebut?…………………………………………………..
5.       Metode belajar apa yang paling  Anda sukai?
a.       Metode ceramah dengan media papan tulis
b.      Metode ceramah dengan media infocus
c.       Metode diskusi kelompok
d.      Lainnya. Sebutkan! .......................................................................................................................
6.       Apa alasannya Anda menyukai metode pembelajaran tersebut?……………………………….....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar